Kamis, Agustus 13, 2009

Janganlah Sombong

Sombong adalah salah satu penyakit hati yang sangat membahayakan. Manusia sangat rentan terkena sifat ini, oleh karena itulah kita harus berhati-hati. Manusia yang hidup di dunia ini dengan kesombongannya, maka kelak ia tidak akan masuk surga. Seperti sabda Rasulullah saw: ”Tidak akan masuk surga siapa yang didalam hatinya ada kesombongan walau seberat debu.” (HR. Muslim). Alah swt tidak menyukai orang yang sombong, bahkan mengharamkannya. Orang yang sombong berarti ia juga takabur, merasa dirinyalah yang paling hebat dan sempurna. Padahal hanya Allah swt yang memiliki keagungan sempurna, dan makhluk hanya sekedar menerima kemurahan-Nya.

Ciri-ciri penyakit sombong biasanya sangat terlihat jelas dari penampilan orang yang mengidapnya. Setiap ucapan dan tingkah lakunya, nada suara dan senyum sinisnya, selalu menunjukkan keangkuhan. Nauzubillahi mindzalik…

Pantaskah sebenarnya orang bersikap sombong, jika seluruh kebaikan pada dirinya semata-mata hanya berkat kemurahan Allah swt kepadanya? Padahal jika Allah menghendaki, dia bisa terlahir sebagai (maaf) orang yang penuh dengan kekurangan. Tentu saja saat tidak ada lagi yang dapat disombongkan. Kita begitu rendah dan lemah dihadapan Allah swt.

Maka kita harus hati-hati mengahadapi penyakit hati ini. Langkah hati-hati ini bisa diawali dengan mengenali ciri-ciri kesombongan tersebut. Rasulullah saw bersabda: ”Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan sesama manusia.” (HR. Muslim). Jika dalam hati kita ada satu atau kedua-duanya, maka kita akan masuk ke dalam deretan orang-orang sombong.

Bagaimana cara menghindari dari sikap sombong?
>Kita perlu mengetahui dan memahami ilmunya; apa dan bagaimana sombong itu, serta bahaya yang ditimbulkanya. Sadarilah, sifat sombong tidak disukai manusia, dan di akhirat mendapat siksa.
>Menyadari kelemahan dan keterbatasan diri sebagai manusia.
>Berlatih untuk berlapang dada menerima kebenaran dari siapa pun.
>Berlatih untuk rendah hati dan tidak memandang rendah orang lain. Di hadapan Allah swt semua orang sama, yang membedakan hanya ketakwaan.
>Senantiasa berdoa agar kita dijauhkan dari kesombongan.

Sebagai manusia biasa, terkadang suka timbul di hati rasa sombong tanpa kita sadari. Oleh karena itu, sebaiknya lekas-lekaslah mengucap istighfar memohon ampunan Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar