Selasa, Agustus 11, 2009

Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan

Bulan suci Ramadhan tinggal beberapa minggu lagi. Namun, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menyambut bulan mulia tersebut? Karena lancar dan suksesnya ibadah kita di bulan Ramadhan tergantung seberapa jauh kita mempersiapkan diri. Baik persiapan fisik, pikiran maupun mental, jika dipersiapkan dengan baik insya Allah kita akan melalui Ramadhan yang berkualitas.

Ramadhan adalah bulan mulia, bulan suci yang datang setiap setahun sekali. Bulan yang penuh rahmat dan dimuliakan oleh Allah swt. Bulan Ramadhan, bulan dilipatgandakan pahala dan bulan diampuninya dosa-dosa. Beribadah sunnah di bulan ini pahalanya sama dengan mengerjakan pahala ibadah wajib. Kemudian Allah juga memberikan kemuliaan berupa tiga hal yaitu 10 hari pertama adalah rahmat, 10 hari kedua adalah ampunan, dan 10 hari terakhir adalah terbebas dari api neraka. Dan dibulan ini ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan (lailatul qodar).

Dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah saw -pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba- bersabda: “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do’a. pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt”. (HR Ath-Thabarani) .

Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan persiapan untuk menyambut Ramadhan. Yaitu dengan memperbanyak amalan-amalan, terutama puasa sunnah agar tidak kaget nantinya sewaktu puasa sebulan di bulan Ramadhan. Tentunya puasa sunnah kita lakukan sejak bulan Rajab lalu dan juga Sya’ban ini. Dan yang perlu diingat, apakah anda memiliki hutang puasa Ramadhan dan apakah Anda sudah membayarnya? Jika belum maka segeralah membayarnya, jangan sampai telah mendekati Ramadhan anda belum membayarnya.

Hal penting lainnya dalam menyambut Ramadhan yaitu kesehatan fisik. Fisik harus tetap terjaga, agar tidak lemas atau bahkan sakit saat puasa Ramadhan. Jagalah kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan minum vitamin atau suplemen jika perlu.

Dengan mempersiapkan Ramadhan, insya Allah ibadah kita di bulan tersebut dapat kita jalani dengan sebaik-baiknya, serta meraih banyak kemuliaan. Dan yang paling penting yaitu agar kita menjadi orang yang bertakwa. Sebagaimana firman Allah swt: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar