Rabu, April 29, 2009

Bersyukur Kepada Allah swt


Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An-Nahl : 18)

Bersyukur merupakan salah satu kewajiban manusia kepada Allah swt. Bersyukur atas nikmat Allah swt berarti berterima kasih atas segala rahmat dan kemurahan Allah swt yang diberikan oleh hamba-Nya. Dengan bersyukur, kita akan senantiasa mengingat Allah swt yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Bagaimanakah cara kita bersyukur kepada Allah swt? Apakah cukup dengan hanya mengingat-Nya? Menurut para ulama, ada tiga cara bersyukur kepada Allah swt. Cara-cara tersebut cukup mudah diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga dengan selalu ingat kepada Allah swt dan bersyukur kepada-Nya, kita akan senantiasa diridhoi dan dirahmati oleh Allah swt.

Cara-cara mudah bersyukur kepada Allah swt antara lain:

Bersyukur dengan hati nurani
Nurani sama dengan kata hati, dimana ia selalu berkata benar dan jujur. Oleh karena itu, orang yan gbersyukur dengan hati nuraninya tidak akan mengingkari nikmat yang datang dari Allah swt. Dengan hati nurani juga, kita akan menyadari begitu banyaknya nikmat Allah swt tersebut yang dilimpahkan kepada kita setiap detik dalam hidup kita.

Bersyukur dengan ucapan
Ucapan-ucapan yang keluar dari lidah dan mulut kita sebaiknya hanyalah ditujukan kepada Allah swt. untuk bersyukur kepada Allah swt, kita bisa banyak-banyak mengucapkan Hamdalah (Alhamdulillahirobbil’alamin). Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw bersabda, ''Barangsiapa mengucapkan Subhanallah, maka baginya 10 kebaikan. Barangsiapa membaca La ilaha illallah, maka baginya 20 kebaikan. Dan, barangsiapa membaca Alhamdulillah, maka baginya 30 kebaikan.''

Bersyukur dengan perbuatan
Tentu saja beryukur kepada Allah swt dengan cara ini yaitu melalui anggota tubuh yang telah Allah swt karuniakan kepada kita. Untuk itulah Allah swt memberikan anggota tubuh untuk kita, bersyukur kepada-Nya dan mengerjakan hal-hal baik dan positif. Badan untuk bergerak/sholat (wajib dan sunnah), tangan untuk bersedekah, lidah untuk berzikir, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar