Sabtu, April 25, 2009

Cantik ala Islam


Setiap orang selalu ingin tampil cantik dan menawan di setiap waktu. Tak hanya kaum wanita, kaum laki-laki pun rela menghabiskan waktunya untuk aktivitas perawatan tubuh demi mendapatkan penampilan yang diinginkan. Mempercantik penampilan fisik/jasmani memang tidak ada salahnya, karena sangat manusiawi sifatnya. Allah swt pun Maha Indah dan mencintai keindahan.

Seringkali kita pun melakukan berbagai perawatan dengan menghabiskan biaya yang cukup besar. Saking inginnya tampil cantik dengan kulit yang mulus dan tubuh yang ideal, banyak pula orang yang berlebihan sampai merubah ciptaan Allah swt, padahal itu dilarang. Dalam suatu hadits, Rasulullah saw bersabda: "Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan merubah ciptaan Allah." (HR Muslim).

Memang kita terkadang lupa, bahwa penampilan fisik itu bukanlah segala-galanya. Kecantikan fisik akan memudar seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Namun, ada satu cara agar kita tetap terlihat cantik, bahkan hingga akhir hayat kita. Yaitu dengan menjaga kecantikan rohani yang bersumber pada hati.

Bagaimanakah hati yang akan menampilkan kecantikan fisik seseorang? Hati itu haruslah bersih dan jauh dari segala penyakit hati seperti iri, dengki, dendam, riya, ujub, takabur, dan sebagainya. Hati memang sangat berperan besar pada kecantikan jasmani dan rohani manusia. Rasululah saw bersabda: ''Ketahuilah di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh perbuatannya. Dan, apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh perbuatannya. Ketahuilah itu adalah hati.'' (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, hati itu berpengaruh bagi kepribadian dan tingkah laku seseorang. Hati yang senantiasa bersih dan cantik akan selalu memancarkan hal yang sama pula. Karena seluruh pikiran, perkataan, dan perbuatan manusia merupakan akhlak yang berdasarkan hatinya. Oleh karena itu, lebih baik kita berlomba-lomba mempercantik diri dengan akhlak mulia daripada menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk kecantikan fisik. Selain itu, perbanyak amal saleh dan menjauhi segala bentuk perbuatan maksiat.

Marilah kita mempercantik diri kita, baik secara lahiriah sesuai dengan syariat Islam maupun kecantikan rohani yang berasal dari hati. Cantik dari dalam hati adalah yang terpenting, karna dari dalam hati yang bersih, akan tampak sinar/cahaya pada wajah, kekuatan tubuh, serta kelimpahan rahmat dan ridho Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar