Jumat, April 24, 2009

TIPS NYAMAN BERJILBAB


Jilbab atau kerudung adalah pakaian yang diwajibkan bagi muslimah. Bukan sekedar penutup kepala, namun jilbab yang dikenakan harus sesuai dengan syariah. Yaitu jilbab yang menutupi tubuh hingga bagian dada dan tidak transparan. Begitupun dengan busananya, harus dihindari pakaian yang ketat dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Sebagaimana firman Allah swt: Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (Qs. Al Ahzab: 59)

Memakai jilbab tidaklah merepotkan. Meski iklim tropis di Indonesia membuat cuaca cenderung panas, namun tak akan menyurutkan niat seorang muslimah yang taat untuk tetap istiqomah di jalan Allah. Untuk itu, berikut ini tips-tips agar para muslimah tetap nyaman dan cantik dalam aktivitas sehari-sehari dengan berjilbab.

  • Pilihlah jilbab dengan bahan yang ringan, tidak panas, serta bentuk yang praktis supaya tetap merasa adem dan tidak repot.
  • Agar rambut tidak nampak/keluar ataupun jilbab yang dikenakan tipis, gunakan kerudung dalaman. Bisa juga menggunakan bandana. Untuk kerudung dalaman, bisa disesuaikan warnanya dengan jilbab luar.
  • Jika ingin memakai bergo/jilbab langsung, gunakan yang sesuai dengan bentuk wajah. Sebaiknya diperhatikan jenis bergo/jilbab langsung, yaitu harus tetap yang lebar dan panjang hingga dada.
  • Gunakan jilbab sesuai dengan acara yang hendak dihadiri. Bila hendak bekerja ataupun pemakaian sehari-hari, bisa dengan jilbab sederhana tanpa aksesoris yang berlebihan.
  • Agar tetap cantik, warna jilbab dapat disesuaikan dengan warna busana, atau juga dengan warna yang senada.

sumber: www.syahadat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar