Jumat, April 24, 2009

BUSANA MUSLIMAH


Islam adalah satu-satunya agama yang memiliki ajaran menyeluruh dan sempurna. Pemahaman tersebut merupakan satu pokok bahasan yang telah secara umum banyak menjadi ditopik pembicaraan dalam berbagai ta’lim Islam. Berkaitan dengan pokok bahasan tersebut, Islam pun tidak lupa pula untuk mengatur bagaimana umatnya dalam berpakaian. Karena, Islam adalah satu-satunya agama yang sangat ketat dalam penerapan hukum menutup aurat atau berpakaian.

Muslim sejati bukanlah muslim yang hanya mengambil dan melaksanakan aturan Islam yang ia sukai atau sekiranya menguntungkan bagi dirinya. Kemudian menolak dan meninggalkan aturan Islam yang tidak ia sukai atau yang sekiranya akan merugikan salah satu aspek keduniawiannya. Muslim sejati adalah muslim yang senantiasa menegakkan aturan Islam secara menyeluruh, tanpa pilah-pillih. Oleh karena itu, hendaknya umat muslim pun berpakaian sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam, tanpa pilah-pilih.

Islam secara rinci telah mengatur segala aspek kehidupan umat muslim. Dan dengan aturan yang menyeluruh itulah, maka lahan ibadah bagi umat muslim pun akhirnya sangat luas. Islam telah menetapkan kaidah-kaidah berpakaian yang benar dan insya Allah di ridhoi oleh Allah swt bagi seluruh umat muslim, tanpa pandang bulu dan pilih kasih.

Banyak sekali dalil-dalil yang berkenaan dengan tata cara berpakaian bagi umat Islam, baik dalam bentuk firman Allah swt yang terdapat di dalam kitab suci umat Islam (AlQuran), maupun dalam bentuk hadits-hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh para Imam yang termasyur.

Melihat dari berbagai dalil yang ada, saat ini tentunya dapat kita lihat bahwa banyak sekali umat Islam yang telah menyimpang dari ketetapan umat Islam itu sendiri, khususnya yang berkaitan dengan etika berpakaian. “Yang seharusnya turun tapi dinaikkan,dan yang seharusnya naik justru diturunkan”, itulah realita yang kini banyak terjadi dalam kehidupan sejumlah umat Islam.

Di dalam ajaran agama Islam diajarkan bahwa aurat seorang wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Itu sama artinya bahwa setiap perempuan Islam yang sudah baligh wajib menutup seluruh tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki (kecuali telapak tangan dan muka).

Islam adalah agama yang diturunkan sebagai rahmatan lil’alamin, yaitu sebagai rahmat bagi semesta alam. Artinya, setiap ketetapan dan ajaran yang terdapat di dalamnya adalah untuk kemaslahatan umat Islam dan seluruh penghuni alam raya ini. Ajaran Islam yang bersumber dari Allah swt tidak mungkin akan menimpakan kemudharatan bagi umatnya dan semesta alam. Dan begitu pulalah dalam hal kaidah-kaidah berpakaian dalam ajaran Islam ini, semuanya adalah untuk terciptanya kemaslahatan. Mematuhinya, insya Allah akan mendapatkan kemaslahatan, sedangakan melanggarnya akan menimbulkan banyak berbagai kemudharatan.

Saudariku para wanita di jalan Islam, marilah kita kembali kepada jalan yang telah ditetapkan oleh agama yang selama ini telah menjadi identitas kita, Islam. Marilah kita merubah cara berpakaian yang selama ini telah melenceng dari kaidah-kaidah Islam. Marilah kita kembali ke jalan Islam dan berpakaian sebagai umat Islam.

Wallahua’lam


sumber: www.syahadat.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar